10 Juli 2007

Peserta Milis Tolol

Masalah yang itu-itu juga, ha! Setolol-tololnya peserta milis ialah yang tidak tahu cara berhenti langganan. Padahal, tidak jarang pada kaki (footer) setiap email ada petunjuk untuk berhenti langganan.
revisi 10.10.21-01
 

04 Juli 2007

Dosen: Sertifikasi vs. Ijazah

Mungkin ada yang dapat memberikan pencerahan seputar ''sertifikasi dosen'' vs. ''ijazah dosen''?
Menurut narasumber:
  1. Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Kualifikasi akademik dosen adalah ijazah yang merefleksikan kemampuan yang dipersyaratkan bagi dosen untuk melaksanakan tugas sebagai pendidik pada jenjang pendidikan tinggi.
  3. Sertifikat pendidik adalah bukti formal sebagai pengakuan yang diberikan kepada dosen sebagai tenaga profesional.
Kesimpulan:
  1. Demi ''peraturan'', sebuah Universitas/ Fakultas/ Jurusan harus memperkerjakan beberapa tenaga ''Dosen Berijazah dan Bersertifikat'' (=DBB). Mungkin saja, DBB tidak perlu hadir di kelas, serta menerima gaji buta, serupa dengan Apotik di Indonesia yang ''dapat beroperasi'' tanpa kehadiran Apoteker.
  2. Proses ajar mengajar dilakukan oleh para ''Asisten Dosen Tidak Bersertifikat'' (ADTB) yang bertugas atas nama para DBB.
    • DBB belum tentu menguasai sebuah mata ajar secara spesifik.
    • DBB belum tentu enak mengajarnya.
    • DBB pasti lebih mahal.
Bagemana?
revisi 10.10.21-02