20 Juni 2008

Pesan Barack untuk Semua!

AFAIK, di negara ini terdapat dua ''kegiatan besar luar biasa berbasis tunai''. Yang pertama ialah perdagangan narkoba; dan yang kedua ialah kegiatan politik. Kegiatan tersebut menghasilkan para LBDB TIJOMBOU, yang ke sana dan ke mari membawa tunai dalam ukuran koper.

Untung Obama tidak mencalonkan diri menjadi politikus di sini! Belum apa-apa, dia akan direpotkan dengan mengurus tetek-bengek yang tidak perlu seperti legalisasi ijazah, surat kesehatan, dan surat bukti warga-negara asli. Heran, masih ada sistem politik yang mengandalkan selembar kertas (ijazah) usang, yang sebetulnya hanya merupakan catatan prestasi masa lalu! Lalu, ditambah lagi dengan adanya pihak yang dapat secara absolut menentukan kesehatan para politisi dengan ''surat kesehatan''. Terlalu!

Obama memilih negara yang tidak nyinyir mempermasalahkan kewarganegaraan bapaknya (Kenya). Demikian pula, Arnold Schwarzenegger yang merupakan imigran Austria, dapat diterima menjadi gubernur (it's not a humor!). Jangankan di dunia politik, bahkan untuk masuk universitas negeri pun masih perlu melaporkan, jenis kewarga-negaraannya.

Kapan ya, di negara gemah ripah repeh rapih rapuh ini, ada yang mau maju seperti Obama? Semoga yang bersangkutan punya waktu menyimak pesan Obama berikut ini...

[An Important Campaign Announcement from Barack Obama -- URL: http://www.youtube.com/watch?v=Snsnqbq_OCo ]

Perhatian:
Penulis bukan pendukung Obama, dan penulis tidak percaya bahwa terpilihnya Obama akan ada manfaat langsung bagi Indonesia. Titik fokus tulisan ini ialah ''Money Politics & Laundry''.

revisi 10.10.25-01