28 Maret 2009

Earth Hour 28 Mar 2009 20:30-21:30

Years ago,
I was an angry young man...

-- Nothing But Flowers (Talking Heads)

Nanti malam (28 Maret 2009; 20:30-21:30), penghuni bumi dianjurkan untuk mengurangi penghamburan energi (seperti listrik) untuk hal-hal yang tidak perlu. Umpama, mematikan lampu kamar yang kosong, mematikan TV yang tidak ditonton, dst.

Ini mengingatkan pada sebuah lagu "ekstrim" diujung tahun 1980-an, "Nothing but flowers" yang dinyanyikan kelompok Talking Heads. Pada lagu tersebut diceritakan, bahwa tempat yang dulunya Pizza Hut, sekarang menjadi taman bunga. Tidak ada lagi 7-Eleven, Dairy Queen,dst. Yang dulunya lapangan parkir, sekarang menjadi Oasis. Semuanya telah punah menjadi bunga...

URL: http://www.youtube.com/watch?v=QUls7DpjETY



revisi 10.11.02-02

20 Maret 2009

Jadul Ujian Komprehensip Perioda Dua


Salah satu perbedaan tahun 1980-an dengan masa kini ialah pemanfaatan teknologi untuk menduplikasi dokumen. Pada saat tersebut, sebuah instansi pendidikan lebih banyak menggunakan mesin stensil dibandingkan mesin fotokopi. Secara prinsip, cara kerja sebuah mesin stensil mirip dengan perangkat sablon.
Ketika itu, sekretaris jurusan Fisika ialah bapak Lilik Hendrajaya, yang pernah juga kemudian menjadi rektor ITB. Sayang sekali, beberapa nama dosen penguji telah mendahului kita semua, seperti Sri Jatno W, M. Hamron, Hans J. Wospakrik, R. Soegeng, serta juga rekan Victor M. Ratag.

revisi 10.11.01-02

16 Maret 2009

Partai no 140/ caleg no 22: YES!


(untuk pembesaran, silakan klik foto di atas)
Sodara-sodara sebangsa dan setanah aer! Kol. Sanders adalah pilihan yang paling tepat! Hm... sedaaaaap! Jangan lupa, partai no 140, caleg no 22!

revisi 10.11.02-02

12 Maret 2009

SU (Super User): Tradisi Illini

Pada tahun 1988 yang lalu, saya mendapat kesempatan berkunjung ke Computing Services Office (CSO) University of Illinois at Urbana Champaign (UIUC), yang kini dikenal dengan CITES (Campus Information Technologies and Educational Services). Ketika saat itulah, saya mulai berkenalan dengan ARPAnet (kini Internet), TCP/IP, Campus Network, Socket Programming, dan sebagainya.
Salah satu tradisi yang menarik ialah password superuser (root) yang tidak disebarkan ke banyak pihak. Sebagai gantinya, setiap superuser memiliki account (UID=0) dengan password yang terpisah. Umpamanya, "sujohn", "susmith", "surms", dst. Cara ini kemudian diadaptasi oleh Pusat Ilmu Komputer Universitas Indonesia (PUSILKOM UI) , Pusat Antar Universitas (PAU) Ilmu Komputer, serta Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) pada tahun 1990-an. Tradisi ini kemudian menyebar di Indonesia, dibawa oleh pihak-pihak yang pernah bekerja dan/atau kuliah di Fasilkom UI.
Cara ini mulai ditinggalkan pada awal abad 21 ini serta digantikan dengan utilitas "SUDO". Dengan demikian, tidak diperlukan lagi berbagai account dengan UID=0 tersebut. Walau pun, terkadang saya masih menemukan sisa-sisa jejak dari penyebaran tradisi ini. Terakhir, saat menginstall server SHOL.vLSM.org.

revisi 10.11.01-02

06 Maret 2009

Nasi Uduk Pak Khotib



untuk pembesaran, silakan klik foto ini

Ruteku setiap pagi hari kerja (2007-2009) ialah Pamulang - Blok-M (SMA 6) - Depok (UI). Dari Pamulang sepagi mungkin agar tidak terjebak kemacetan jalan raya Cirendeu. Tiba di blok M sebelum/ sekitar jam 6.00 pagi, lalu menelusuri balik via Iskandarsyah, Prapanca, Kemang, Republika, Tahi Simatupang, LA, Depok.

untuk pembesaran, silakan klik foto ini

Sepanjang jalan Kemang terdapat berbagai jajanan seperti fast-food, bubur, nasi uduk, dst. Salah satu penyedia nasi uduk ialah pak Khotib Syambas yang berjualan di depan Chic Mart Kemang semejak 1991. Setiap pagi, pak Khotib sibuk melayani para pembeli yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat.

untuk pembesaran, silakan klik foto ini


Update (2016)


untuk pembesaran, silakan klik foto ini

Saat lewat Kemang (2016), menyempatkan diri mampir di tempat pak Khatib. Rupanya sekarang pak Khatib aktif di Grab Car, sehingga Nasi Uduk dikelola oleh ibu Khatib.






05 Maret 2009

shol.vlsm.org

Pamulang, 5 Maret 2009:

VauLSMorg, memperkenalkan calon anggota keluarga yang baru....

shol.vlsm.org

Server ini didedikasikan kepada semua pahlawan kesiangan yang membuat hidup ini menjadi sengsara. Sekedar informasi:
* hanya dapat diakses melalui OpenIIX.
* "shol" dibacanya.... "es-hool".

revisi 10.11.01-02