20 Februari 2010

Gonta Ganti URL

Publikasi melalui internet, ada baiknya menggunakan URL yang permanen. Artinya, jangan "memindahkan" karya-karya yang sudah berada di internet. Mungkin saja, sudah ada pihak lain yang mem-bookmark karya tersebut. Hal ini hanya akan memperbanyak jumlah URL mati yang sudah sangat mewabah dewasa ini.

Sebagai contoh ialah wikipedia Indonesia. Salah satu rujukannya ialah http://www.ui.ac.id/english/menu_statis.php?id=c6&hal=c_about_jkt yang sekarang sudah mati! Hm, untung ada yang mengarsip situs tersebut di http://web.archive.org/web/20070219063913/www.ui.edu/english/menu_statis.php?id=c6&hal=c_about_jkt. Apa kata dunia (webometrics), kalau URL-nya mate melulu... Duh!


revisi 10.02.20-00

07 Februari 2010

Duryodana


Akhirnya -- katanya -- patung Obama cilik di taman Menteng akan digusur, duh! Bagaimana kalau sebagai gantinya, didirikan patung Duryodana cilik yang tersenyum puas karena berhasil membuang Bima cilik ke dalam sungai? Duryodana merupakan lambang kedengkian sebuah masyarakat yang sepertinya tidak punya pekerjaan lain daripada menggusur patung yang sudah didirikan. OK, ok, kalau umpamanya diadakan voting SEBELUM pendirian patung Obama cilik, saya juga akan ikut menentang dengan alasan yang serupa: mempertanyakan relevansinya. Namun, mengapa ribut-ributnya baru setelah patung berdiri?
revisi 10.02.07-02

05 Februari 2010