18 Juli 2010

MUI: Majelis Ulama Indonesia

2010

Tanpa bermaksud untuk berdebat kusir tanpa ujung-pangkal, berikut diangkat sebuah pertanyaan agak mendasar: "MUI itu apa?". Atau lebih tepatnya, bagaimana caranya untuk mendapatkan informasi rinci perihal MUI? Seperti biasanya, ada dua hal baku yang dapat dilakukan. Ya, betul: pertama "wiki mui" dan yang kedua tentunya: "google mui"!

Dari penelusuran tersebut di atas, didapatkan situs www.mui.or.id, sehingga mencapai informasi "Tentang MUI" dengan empat cabang: "Profil MUI", "Pengurus MUI", "Komisi komisi", dan "Lembaga lembaga". Muncullah masalah, karena situs MUI ini bersifat satu arah tanpa memberi tahu, siapa dan bagaimana caranya menghubungi MUI untuk informasi lebih lanjut. Satu-satunya informasi ialah alamat sekretariat yaitu jalan Proklamasi 51, Jakarta, dengan telepon/fax 3190 2666.

Pada tanggal 20 Juli 2010 sore, saya mencoba mengkontak MUI via telepon. Dari kontak tersebut, saya mendapatkan sebuah nomor HP. Setelah saling kirim beberapa SMS, saya dianjurkan untuk datang saja langsung ke jalan Proklamasi.

Mampir di jalan Proklamasi ternyata sama sekali tidak menyelesaikan masalah. Dari lantai 1 (resepsionis) saya "dilempar" ke lantai atas. Di sana, justru saya yang ditanyai: "Siapa saya, dan apa tujuannya bertanya!?". Emangnya, jawaban MUI tergantung dari "Siapa" dan "Tujuan" bertanya???

Empat Tahun Kemudian

Saat sedang heboh "Halal MUI" (2014), saya ingat pernah menulis ini. Kembali saya mengunjungi situs MUI, yang sekarang ada laman "Sekilas MUI" yang dimulai dengan:
"Majelis Ulama Indonesia adalah Lembaga Swadaya Masyarakat yang mewadahi..."

Pertama, apakah ini dapat diartikan bahwa MUI merupakan salah satu diantara LSM Islam lainnya seperti ICMI, NU, Muhammadiyah, dst?

Kedua, bagaimanakah hubungan antara MUI dengan:
a) syariat Islam, dan
b) konstitusi NKRI?

Atau mungkin ada rekan-rekan yang tahu bagaimana caranya mendapat informasi lebih lanjut perihal MUI? Silakan meninggalkan petunjuk. 

08 Juli 2010

Ubuntu 10.4 Firefox: "The adobe flash plugin has crashed"

Kalo flash anda belakangan ini crash melulu dengan firefox, ada baiknya mematikan "dom.ipc.plugins.timeoutSecs":

1) Meluncur ke URL "about:config"
2) Silakan menjawab ancaman "This might void your warranty", dengan "I'll be carefull, I promise!"
3) Silakan cari "dom.ipc.plugins.timeoutSecs" dengan nilai default "45", diubah menjadi "-1".
4) Silakan cari "dom.max_script_run_time" diubah menjadi "0".
5) Jika flash masih crash, mungkin secara tidak sengaja masih menggunakan plug lokal versi lama. Silakan cek apakah masih ada berkas lama seperti "~/.mozilla/plugins/libflashplayer.so"


revisi 10.07.08-03