26 Januari 2011

Beberapa Artikel dan Link Menarik

Berikut merupakan koleksi beberapa artikel dan link (yang saya anggap) menarik.

ARTIKEL MENARIK
  1. Negara Pura Pura. Gayus adalah praktik normal yang terjadi dalam belantara birokrasi kita. Kemampuan kita untuk berpura-pura terkejut sungguh luar biasa. Kita menghabiskan begitu banyak waktu dan energi untuk mengadili kasus yang sesungguhnya merupakan praktik baku di lembaga-lembaga publik kita. Sumber: Prof. Hendrawan Supratikno, Seputar Indonesia, 26 Januari 2011.
  2. To Really Learn, Quit Studying and Take a Test. Belajar-mengajar tidak perlu dimulai dengan menerangkan "Teori". Bisa saja langsung hantam "Bahan Ujian". Sumber: Pam Belluck, NYTimes, January 20, 2011.
  3. The Cursor Wiggles Faster: Measuring Scheduler Performance. This paper will describe what information can be captured, use that information to characterize some simple loads, and describe how that same information may be coordinated with other system measurements both to characterize new loads, and to more clearly identify scheduler shortcomings. Sumber Rick Lindsley, 2004.

LINK MENARIK
  1. (menyusul).

revisi 11.01.26-02

25 Januari 2011

Tantangan Penelitian Tugas Akhir

 
(untuk pembesaran, silakan klik foto di atas) 
Diagram di atas telah digunakan di buku "Sistem Operasi" karangan Silberschatz dan kawan-kawan sejak zaman "Kuda gigit CPU"  di awal tahun 1980-an. Hare gene, apakah rata-rata panjang sebuah "burst" (I/O bound) masih sekitar 3 mili-detikan?!
Tugas anda (jika menerima) ialah:
  1. mem-patch kernel linux agar dapat menghitung panjang sebuah burst.
  2. menggunakan sistem berkas /proc
  3. mengukur panjang burst beberapa Workstation dan Server
Bagaimana?

revisi 11.01.25-00

23 Januari 2011

Tirulah Obama

Perhatikan saluran kabel seperti BBC, CNBC, CNN dst. Kalau Obama lagi ngomong, langsung ada BREAKING NEWS, dan bukan sekedar BERAK NEWS!
Wahai para orator lokal: tirulah gaya orasi Obama! Gaya orasi Obama rapih dan mantap. Terkadang tekanannya naik, dan terkadang turun, sehingga kita tahu, mana bagian yang dianggap penting serta mana yang biasa saja. Bisa saja tema orasi hanya sekedar seputar dunia "BEMO", namun serasa membicarakan "Rolls Royce".
Tema orasi harus mantap serta relevan untuk para pendengarnya. Janganlah mengeluh, curhat, menggurui, dan membuat penonton menjadi bosan. Kalau pun ternyata membosankan, janganlah marah! Terakhir, janganlah berkeluh kesah perihal gaji di depan pihak yang lebih susah!
Ada baiknya sebelum menjadi orator, menjadi dosen. Ruangan kelas akan kosong kalau "orasi dosennya" tidak matching. Tentu saja, maksudnya dosen "world class"; bukan dosen yang sekedar mengandalkan absensi 75%. Cape deh!

Semoga 2014 lebih baik!

Perhatian:
Penulis bukan pendukung Obama, dan penulis tidak percaya bahwa terpilihnya Obama akan ada manfaat langsung bagi Indonesia. Titik fokus tulisan ini ialah gaya/teknik berorasi.

revisi 11.01.23-02

15 Januari 2011

Konversi TEXT ke ANGKA dengan REGEX

Pada akhir pekan ini, saya membantu kolega dari jarak jauh (2200 km) melalui email/Internet. Masalah yang muncul ialah bagaimana caranya mengubah bilangan dalam bentuk TEXT menjadi bentuk ANGKA. Hal ini sering terjadi, saat memasukkan hasil perhitungan komputer ke dalam spreadsheet seperti MS EXCEL. Umpamanya, 15.24 muncul sebagai " 15,24 ". Perhatikan, bahwa ada karakter putih antara tanda kutip dan angka tersebut.
Kalau hanya beberapa angka, hal ini dapat dengan mudah dikoreksi secara manual. Namun, rupanya ada beberapa puluh ribu yang harus dikonversi. Cape deh!
Berikut ini merupakan solusi bodoh-bodohan. Saya percaya, bahwa banyak solusi yang lebih canggih dari ini. Pertama-tama, diasumsikan bahwa yang akan dikonversi berada di dalam sebuah kolom yang sama. Jika berada dalam beberapa kolom, hal ini mesti diulangi beberapa kali sesuai dengan jumlah kolom.
Bukalah sebuah spreadsheet baru (new) lalu "cut and paste" kolom ke spreadsheet baru tersebut. Lalu "save" dalam format CSV (Comma-Separated Values). Umpama, berkas bernama "tmptmp.csv".
Gunakanlah fasilitas REGEX yang terdapat pada editor "vi" atau pun "sed":

$ sed -e "s/\"[^0-9\-]//g" \
  -e "s/[^0-9]\"//g" \
  -e "s/\"//g" \
  -e "s/,/./g" tmptmp.csv > tmptmp ;
  mv -f tmptmp tmptmp.csv

Buka kembali berkas "tmptmp.csv" tersebut, serta gantikan hasil tersebut ke kolom semula.


Demikianlah!


revisi 11.01.15-00

12 Januari 2011

Undang-Undang Pelarangan Mengorbankan Masyarakat

Ada baiknya dilakukan penyelidikan atas kemungkinan terjadinya pelanggaran Hak Asasi Manusia saat pemerintah menjamu tamu asing penting. Contohnya, pada saat kedatangan para PRESIDEN-PRESIDEN Amrik, terjadi sterilisasi masal sehingga masyarakat:
- tidak dapat berpergian dengam mudah.
- tidak dapat mencari nafkah.
- tidak dapat masuk ke dalam rumahnya sendiri, dst.

Untuk itu, perlu direkomendasikan sebuah Rancangan Undang Undang Pelarangan Mengorbankan Masyarakat Saat Penyambutan Tamu Asing Penting. Selain itu, para tamu asing penting dikenakan larangan untuk mengunjungi lokasi yang padat penduduk.

Pemerintah diharapkan membangun sebuah wisma tamu asing penting di kawasan Lapangan Udara Halim Perdana Kusuma, sehingga para tamu asing penting cukup singgah di sana. Atau boleh juga wismanya dibangun di sekitar kawasan Bantar Gebang.

Semoga 2014 Lebih Baik!

revisi 11.01.12-00

06 Januari 2011

Menelusuri Perjalanan Sepucuk Surat Tercatat

Pada tangga 4 Januari 2011 sore, mengirim surat tercatat dari Kantor Pos UI Depok untuk tujuan Florida, Amrik. Berikut merupakan hasil dari pelacakan surat tersebut.
  • [A] Posting/Collection : 04-01-2011 : Depok 16400 : Ipos [ternyata surat tersebut langsung diproses sore itu juga oleh kantor pos Depok]
  • [B] Arrival at outward office of exchange : 06-01-2011 : Spp Jakarta 10900 [Hwarakadah, perjalanan surat dari Depok ke Jakarta sampai dua hari! Pake sepeda, kale? ]
  • [C] Departure from outward office of exchange : 06-01-2011 : Spp Jakarta 10900 [OK, surat hanya mampir sebentar di Kantor Pos Pusat]
  • Gile sudah tiga minggu belum ada kabar!
  • (bersambung)


revisi 11.01.25-01

Private SVN pada REDMINE (kode.poss.or.id)

Grrr... setiap kali ingin menggunakan, sering lupa nama perintahnya. Maklum, perintah ini jarang digunakan. Karena itu, perlu dibuat memo dalam blog ini.
Pada umumnya, SVN dibuat "public" agar dapat dengan mudah diakses oleh siapa pun. Namun, terkadang diperlukan SVN yang "private". Jika menggunakan REDMINE, perlu dilakukan perubahan pada "proyek":
SETTINGS --> REPOSITORY --> URL
semula:
https://kode.poss.or.id/svn/proyek
menjadi:
https://kode.poss.or.id/svn-private/proyek



revisi 11.01.06-00

03 Januari 2011

Mengubah waktu JPEG dengan exiv2

Terkadang, setelah men-scan foto JPEG jadul, perlu dilakukan modifikasi tanggal pada foto JPEG tersebut. Cara termudah ialah dengan command line "exiv2" (Atau, mungkin ada cara yang lebih mudah?). Perintahnya cukup sederhana, untuk menambah tanggal "1 Januari 1980 jam 00:00":
$ exiv2 -M"add Exif.Image.DateTime 1980:01:01 00:00:00" foto-jadul.jpg
Kalau mau aman, mungkin perlu menghapus data lama, serta mungkin perlu mengubah data waktu yang lainnya. Perintahnya menjadi:
$ exiv2 -M"del Exif.Photo.DateTimeOriginal" foto-jadul.jpg
$ exiv2 -M"del Exif.Photo.DateTimeDigitized" foto-jadul.jpg
$ exiv2 -M"del Exif.Image.DateTime" foto-jadul.jpg
$ exiv2 -M"add Exif.Image.DateTime 1980:01:01 00:00:00" foto-jadul.jpg
$ exiv2 -M"add Exif.Photo.DateTimeOriginal 1980:01:01 00:00:00" foto-jadul.jpg
$ exiv2 -M"add Exif.Photo.DateTimeDigitized 1980:01:01 00:00:00" foto-jadul.jpg

Agar ringkas, semua perintah dapat dimasukkan ke dalam berkas "ubah-tanggal.cmd":
# START berkas "ubah-tanggal.cmd"
del Exif.Photo.DateTimeOriginal
del Exif.Photo.DateTimeDigitized
del Exif.Image.DateTime
add Exif.Image.DateTime          1980:01:01 00:00:00
add Exif.Photo.DateTimeOriginal  1980:01:01 00:00:00
add Exif.Photo.DateTimeDigitized 1980:01:01 00:00:00
# STOP  berkas "ubah-tanggal.cmd"

Lalu, jalankan:
$ exiv2 -m ubah-tanggal.cmd foto-jadul.jpg

Demikianlah kira-kira...

revisi 11.01.03-00