30 Maret 2011

Dirjen Gayus

Heran... Hare Gene masih menggunakan kertas dengan ukuran Folio! Apakah dirjen Gayus belum pernah mendengar bahwa kebanyakan rakyat menggunakan kertas ukuran A4?

Mengapa dirjen Gayus belum mampu menerima transfer bank biasa? Mengapa harus dengan formulir khusus yang harus diambil di kantor Gayus, tapi harus membayar ke Bank? Apa salahnya, kalau Bank menyediakan formulir pembayaran?

Kualitas dirjen Gayus tercermin dari kemampuan untuk membuat sebuah daftar lokasi "Drop Box" yang acak-acakan.

Yang pasti: Dirjen Gayus TIDAK MAJU! Semoga 2014 lebih baik!

tertanda,

"The Pissed Off Tax Payer, Just Filled SPT 1770S for 2010"

revisi 11.03.30-04

29 Maret 2011

Mari Bermain Android

Saya biasanya membeli kamera yang ada "HP"-nya. Dewasa ini, Sony Ericsson Elm: lumayan murah meriah dengan resolusi 5M pixel. Besar kemungkinan, kamera mendatang bersistem operasi Andriod. Untuk sementara, mau belajar menggunakan emulator terlebih dahulu!
Pertamax, periksa terlebih dahulu apakah sudah terinstall Java SDK di komputer:
java -version
OpenJDK Runtime Environment (IcedTea6 1.9.7) (6b20-1.9.7-0ubuntu1~10.04.1)
OpenJDK Server VM (build 19.0-b09, mixed mode)

OK!
Selanjutnya mencari dan donlod paket Android SDK di http://developer.android.com/sdk/.
OK
Selanjutnya dibuka berkas tar tersebut.
OK
Kini yang terinstall ialah Android SDK Tools, revision 10.
Kita jalankan update dengan perintah:
tools/android update sdk
Maka akan ter-donlod:
Downloading Android SDK Platform-tools, revision 5
Installing Android SDK Platform-tools, revision 5
'adb kill-server' failed -- run manually if necessary.
Installed Android SDK Platform-tools, revision 5
Downloading Documentation for Android SDK, API 12, revision 1
Installing Documentation for Android SDK, API 12, revision 1
Installed Documentation for Android SDK, API 12, revision 1
Downloading SDK Platform Android 3.1, API 12, revision 2
Installing SDK Platform Android 3.1, API 12, revision 2
Installed SDK Platform Android 3.1, API 12, revision 2
Downloading SDK Platform Android 3.0, API 11, revision 1
Installing SDK Platform Android 3.0, API 11, revision 1
Installed SDK Platform Android 3.0, API 11, revision 1
Downloading SDK Platform Android 2.3.3, API 10, revision 1
Installing SDK Platform Android 2.3.3, API 10, revision 1
Installed SDK Platform Android 2.3.3, API 10, revision 1
Downloading SDK Platform Android 2.3.1, API 9, revision 2 (Obsolete)
Installing SDK Platform Android 2.3.1, API 9, revision 2 (Obsolete)
Installed SDK Platform Android 2.3.1, API 9, revision 2 (Obsolete)
Downloading SDK Platform Android 2.2, API 8, revision 2
[...]
Installed Google APIs by Google Inc., Android API 3, revision 3
Updated ADB to support the USB devices declared in the SDK add-ons.
(bersambung)

Grrr... memo blog ini terutama ditulis untuk KEPERLUAN SENDIRI. Semoga catatan ini akan bermanfaat di masa mendatang, saat sudah lupa cara menyelesaikan masalah trivia ini. Tulisan ini berbasis "Google Sana, Google Sini, Coba Itu, Coba Ini, Lalu Tanya-tanyi". BTW: kalau nyontek dari satu situs, istilahnya PLAGIAT; namun kalau nyontek dari beberapa situs, disebut RISET :).

revisi 11.06.11-04

28 Maret 2011

Cara Mencetak Isi Blog

Hingga hari ini, tidak pernah terpikir untuk mencetak (print) isi sebuah blog. Setelah cari-cari, ternyata belum dapat menemukan "Gadget" untuk memcetak isi blog! Terpaksa menggunakan fasilitas yang disediakan oleh browser (Firefox). Mula-mula kita memblok seluruh isi dari blog yang ingin kita cetak.
(untuk pembesaran, silakan klik foto di atas)
Selanjutnya, kita pilih seperti biasa File-->Print atau CTRL-P. Hanya saja "Range" yang dipilih ialah "SELECTION". Setelah itu, kita print seperti biasa.
(untuk pembesaran, silakan klik foto di atas)
Grrr... memo blog ini terutama ditulis untuk KEPERLUAN SENDIRI. Semoga catatan ini akan bermanfaat di masa mendatang, saat sudah lupa cara menyelesaikan masalah trivia ini. Tulisan ini berbasis "Google Sana, Google Sini, Coba Itu, Coba Ini, Lalu Tanya-tanyi".

revisi 11.03.28-02

Wacana Fasilitas Antar Jemput Pasien

Wacana ini hanya berlaku bagi kota-kota yang belum memiliki sarana taksi yang memadai seperti umpamanya, kota Bogor. Bagi yang tinggal di Bogor, serta berkendara ke Jakarta untuk mencari nafkah, berarti meninggalkan keluarga di rumah tanpa sarana transportasi. Kecuali tentu saja, jika memiliki lebih dari satu kendaraan, serta ada supir atau yang ditinggal di rumah dapat menjalankan kendaraan. Hal ini dapat menjadi masalah jika ada yang ingin berpergian, terutama jika sedang sakit.


Usulannya sederhana, yaitu bagaimana kalau pihak Rumah Sakit menyediakan fasilitas kendaraan NON-AMBULAN sebagai sarana antar jemput? Ini akan sangat membantu menanggulangi permasalahan transportasi dari pihak pasien! Fasilitas antar-jemput ini sekali gus juga akan mengatasi permasalahan kesulitan sarana parkir, karena pasiennya tidak perlu datang dengan kendaraan.

Ada baiknya, fasilitas ini jangan langsung dimasukkan ke dalam pos "usaha", karena proses sosialisasi fasilitas ini mungkin akan membutuhkan waktu yang lama.

Bagaimana?

revisi 11.03.28-01

25 Maret 2011

CDROM "PALSU" HP P1102 (UBUNTU)

untuk pembesaran, silakan klik foto ini

Belakangan ini, mulai marak perangkat yang dilengkapi sekalian kemampuan "tancap dan install" (via USB), seperti umpamanya Ponsel, Printer, FlashDisk, dst. Sayang sekali, hanya dapat untuk ditancap ke sistem operasi "You Know What".

Pada GNU/Linux hal ini malah merepotkan, sebab sistem akan menyangka bahwa yang ditancap adalah "CDROM drive". Akibatnya, printer menjadi berhenti berfungsi!

Berikut merupakan contoh  yang terjadi pada sistem GNU/Linux distro Ubuntu 10.04. Entah karena apa, pada desktop muncul lambang "CDROM" palsu, serta printer HP Laser Jet P1102 berhenti bekerja!

Penanggulangan masalah ini ialah dengan menyuruh si printer sok tahu berhenti berperan sebagai CDROM palsu! Sayang sekali, kita harus menggunakan utilitas dari sistem operasi "You Know What".

Karena itu, terpaksa deh masuk ke mode "You Know What", serta menjalankan "HP Smart Install Utility" (SIUtililty). Printer harus dalam keadaan menyala dan siap cetak.:
untuk pembesaran, silakan klik foto ini

Setelah kita memilih "kotak" PRINTER, akan ditanyakan perihal jenis printer. Lalu, printer melaporkan bahwa telah mematikan kemampuan auto installnya.
untuk pembesaran, silakan klik foto ini

BTW,  HP P1102 ternyata dapat "membersihkan diri sendiri". Sekalian saja dimanfaatkan!
untuk pembesaran, silakan klik foto ini

Grrr... memo blog ini terutama ditulis untuk KEPERLUAN SENDIRI. Tulisan ini berbasis "Google Sana, Google Sini, Coba Itu, Coba Ini, Lalu Tanya-tanyi". Entah ini PLAGIAT, entah ini RISET, yang jelas tidak pernah ada klaim bahwa ini merupakan karya asli, dan belum tentu pula merupakan solusi terbaik :). Mohon kiranya memberikan tanggapan, terutama jika memiliki solusi alternatif. Semoga catatan ini akan bermanfaat di masa mendatang, saat sudah lupa cara menyelesaikan masalah trivia ini.


24 Maret 2011

System Overloaded For Dummies

Ampun, kalau sistem lagi lemot... Salah satu cara penanggulangannya ialah:

PLAN A
/etc/init.d/apache stop
/etc/init.d/apache start

PLAN B
/etc/init.d/nginx stop
/etc/init.d/nginx start


PLAN C
<CTLR><ALT><DEL>

Grrr... memo blog berikut ini terutama ditulis untuk KEPERLUAN SENDIRI. Semoga catatan ini akan bermanfaat di masa mendatang, saat sudah lupa cara menyelesaikan masalah trivia ini. Tulisan ini berbasis "Google Sana, Google Sini, Coba Itu, Coba Ini, Lalu Tanya-tanya".

revisi 11.03.24-00

23 Maret 2011

Perbedaan Antara Debian dan Ubuntu

Tidak habis pikir, ternyata masih ada yang belum dapat mendeteksi perbedaan antara UBUNTU dan DEBIAN! Secara sepintas kita dapat melihat isi dari /etc/issue atau /etc/motd, namun kedua berkas tersebut mudah sekali dimodifikasi!
Sebaiknya memeriksa kedua berkas berikut ini:
  1. Berkas /proc/version yang kira-kira berisi berikut: "Linux version 2.6.32 - 5 - 686 (Debian 2.6.32 - 31) (ben @ decadent.org.uk) (gcc version 4.3.5 (Debian 4.3.5 - 4) ) #1 SMP Tue Mar 8 21:36:00 UTC 2011" ATAUKAH "Linux version 2.6.32 - 30 - generic (buildd @ vernadsky) (gcc version 4.4.3 (Ubuntu 4.4.3 - 4ubuntu5) ) #59 - Ubuntu SMP Tue Mar 1 21:30:21 UTC 2011"
  2. Arah sumber paket pada berkas /etc/apt/sources.list
Demikianlah kira-kira, cara membedakannya!

revisi 11.03.23-02

19 Maret 2011

Windows Update: Lama Sekale?!

Pertama-tama, saya ini  pengguna MS Windows dengan lisensi, lho! Karena itu, dengan leluasa dapat melakukan "Windows Update!".
Kedua-dua, saya semakin jarang menggunakan MS Windows. Justru, lebih sering melakukan "Windows Update" dan "Antivirus Update", dari pada menggunakan untuk hal lain yang lebih produktif.
Ketiga-tiga, saya sering bertanya-tanya, mengapa "Windows Update" itu lama sekale?! Apakah si Bill Gates et. al. nggak pernah denger istilah:
"apt-get update; apt-get upgrade"
Cape deh!

revisi 11.03.19-00

Dua Tahun Kemudian

(untuk pembesaran, silakan klik foto di atas)
Apakah setelah dua tahun, terjadi kemajuan? Duh!

revisi 11.03.19-00