27 Oktober 2011

Lenovo Edge-13: Ubuntu 11.10

Ada sekurangnya dua hal yang perlu diperhatikan, saat upgrade Lenovo Edge-13 ke Ubuntu 11.10:
  1. Driver WiFi tidak otomatis diinstall. Artinya jika ingin mengaktifkan WiFi, kita harus secara manual men-download drivernya
  2. Video Eksternal tidak langsung di-mirror. Artinya, jika ingin menggunakan Video eksternal (untuk presentasi), mesti melakukan setting secara manual.
Grrr... memo blog ini terutama ditulis untuk KEPERLUAN SENDIRI. Semoga catatan ini akan bermanfaat di masa mendatang, saat sudah lupa cara menyelesaikan masalah trivia ini. Tulisan ini berbasis "Google Sana, Google Sini, Coba Itu, Coba Ini, Lalu Tanya-tanyi". BTW: kalau nyontek dari satu situs, istilahnya PLAGIAT; namun kalau nyontek dari beberapa situs, disebut RISET :).


25 Oktober 2011

Dunkin'Donuts LA

(untuk pembesaran, silakan klik foto di atas) 
Tulisan ini melaporkan kunjungan ke Dunkin' Donuts(R) Lenteng Agung, pada tanggal 25 Oktober 2011 pagi.
  1. Ya, pagi sekale... sekitar jam 6 pagian. Walau pun spanduknya tertulis "Buka jam 6", namun pada pintu masih ada tanda "closed", serta kursi-kursi tamu masih terletak terbalik di atas meja makan.
  2. Perhatikan tanda-terima belanja di Dunkin'Donuts(R). Ternyata tidak ada informasi tanggal/jam belanja! Dan, juga tidak ada informasi perihal jumlah pajak yang dibayar... Jangan-jangan.... uh... oh...
  3. Donat mesti diambil secara "swalayan"; namun tidak ada informasi berapa ukuran dari satu paket. Ternyata, paket donat menggunakan ukuran lusin (12), namun Munchkins (ukuran kecil) dalam jumlah perpuluh (10). Apa salahnya, informasi ini dicantumkan pada tempat penyimpanan donat tersebut?
  4. Mau komplain ke "Manager On Duty", namun yang bersangkutan belum hadir! Katanya, baru akan datang siang. Wah, siapa yang bertanggung jawab di sana????

16 Oktober 2011

The American Dream And The Indonesian Nightmare

"The American Dream" (TAD) merupakan sebuah cita-cita/ angan-angan yang menjanjikan kesempatan yang sama bagi siapa pun untuk mencapai kesuksesan terutama dalam kemakmuran di Amerika Serikat. Landasan utama TAD ialah kesempatan yang sama, tanpa prasyarat yang mengada-ada.

"The Indonesian Nightmare" (TIN) merupakan hal-hal yang muncul di Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang menghambat terwujudnya semacam TAD. Salah satu TIN yang sangat menghambat ialah tidak ada larangan untuk menentukan prasyarat/ ketentuan yang mengada-ada. Banyak prasyarat yang berdasarkan jenis pendidikan formal yang pernah diraih.

Contoh, untuk menjadi anggota legislatif dipersyaratkan ijazah SMA, tanpa menjelaskan  relevansi antara ijazah yang diraih puluhan tahun sebelumnya, dan kompetensi yang kini dimiliki. Untuk menjadi pelayan rumah makan cepat saji, juga diperlukan ijazah SMA. Untuk menjadi pegawai Bank, dituntut memiliki ijazah sarjana. Industri rumah sakit hanya memilih pegawai yang D3.

TIN terjadi karena kita membiarkan ketidak-adilan ini. Semoga 2014 lebih baik!

07 Oktober 2011

Jam Kuda JORR

(untuk pembesaran, silakan klik foto di atas)

Tarif Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta kembali dinaikkan, atas nama "mempertahankan tingkat layanan". Janjinya, tarif akan dinaikkan pada tanggal 7 Oktober 2011 jam 0.00. Kenyataannya, "sistem waktu" dari PT Jalantol Lingkarluar Jakarta lebih cepat sekitar 10 menit!

Ketika masuk gerbang "Lenteng Agung 2" pada tanggal 6 Oktober 2011 sekitar jam 23:55-an, sistem waktu pintu Tol sudah menunjukkan jam 00:05:03! Padahal keluar ke simpang Pondok Indah saja, masih belum jam "00:05"!

Keesokan harinya, kembali terpantau bahwa "sistem waktu" pintu TOL Ciputat 1 (Pondok Pinang) maju sekitar 10 menitan. Sebetulnya masuk sekitar jam 06.38an, tercatat jam 06:46:02

Kita lihat saja kelak di akhirat, apa yang akan terjadi pada para pengelola  jalan Tol ini. Semoga 2014 lebih baik!