12 September 2012

MOD: Manager on Duty

MOD atau Manager On Duty diperlukan dalam sebuah organisasi -- jika para pimpinan yang tidak dapat selalu hadir pada setiap saat atau pada setiap lokasi. Penunjukan MOD biasanya setelah jam kerja untuk menggantikan para pimpinan sedang tidak bertugas.

Fungsi utama MOD ialah untuk sementara menjadi "orang nomor satu", sehingga tanggung jawab selalu bermuara pada satu arah/pihak. Jika terjadi "saling melempar/ melepas tanggung-jawab", MOD-lah yang harus tampil untuk meluruskan permasalahan yang ada.

Sayang sekali, tidak semua pimpinan memahami peranan dari MOD ini. Akibatnya, justru lempar-melempar tanggung jawab terjadi pada lapisan tersebut... Terlalu...

Semoga 2014 lebih baik!



SOP: Standard Operating Procedure

Dalam sebuah organisasi "world class" beneran, seharusnya untuk setiap kegiatan, dibuatkan sebuah dokumen petunjuk pelaksanaan yang lengkap. Artinya: jika terjadi "X", maka laksanakanlah prosedur "Y".

Prosedur ini sering disebut dengan SOP atau "Standard Operating Procedure". Umpamanya, apa saja yang mesti dilaksanakan, jika ada lampu yang padam. Bola lampu bukanlah barang mewah, sehingga tidak dapat dijadikan alasan, bahwa "sedang tidak ada anggaran". Gambar di atas diambil di sebuah laboratorium komputer "World Class University Wannabe (WCUW)". Duh!

Semoga 2014 lebih baik!


10 September 2012

Renungan Berkala

Berapa kali kita mengganti pakaian dalam setiap hari? Berapa kali kita mengganti pakaian dalam jangka satu minggu? Berapa kali kita mengganti sikat gigi dalam jangka setahun?

Berapa kali kita pernah mencuci sarung yang digunakan untuk shalat? Berapa kali kita pernah mencuci sajadah yang digunakan untuk shalat? Apakah kita masih tetap menggunakan sajadah yang sudah gundul dan berlubang sejak 30 tahun yang lalu?

Mari kita renungkan bersama...