24 April 2013

Di Atas Puing UI

OK, judul "Di Atas Puing UI" jelas-jelas menyesatkan, karena judul aslinya ialah "Membangun Di Atas Puing Integritas -- Belajar dari Universitas Indonesia". Buku ini diedit oleh R.K. Toha-Sarumpaet, M. Budiman, dan A. Armando berisi 23 tulisan.

Dari pada memberikan komentar atas buku ini, saya lampirkan saja daftar isinya. Buku dengan ISBN 978-979-461-831-8 ini diterbitkan oleh "Gerakan UI Bersih" bekerja sama dengan "Yayasan Pustaka Obor Indonesia".

Buku ini tersedia/ dapat dipinjam/ dibeli di perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia.


untuk pembesaran, silakan klik foto di atas
untuk pembesaran, silakan klik foto di atas

untuk pembesaran, silakan klik foto di atas

untuk pembesaran, silakan klik foto di atas




19 April 2013

Daihatsu Xenix 1.0: Rp. 1250/km

Walau bukan ahli Ekonomi/ Akuntan -- menurut perhitungan pribadi -- biaya menggunakan kendaraan Daihatsu Xenia 1.0 sekitar Rp. 1250 per km. Perhitungan ini berdasarkan penggunaan kendaraan dari baru antara tahun 2007 hingga 2012 (5 tahun) sejauh 120.000 km.

Pada tahun 2012 lalu, kendaraan tersebut ditukar dengan kendaraan baru sejenis dengan tambahan sekitar Rp. 60.000.000. Jadi, biaya kepemilikan kendaraan tersebut sekitar Rp. 500 per km. Dengan asumsi penggunaan BBM (subsidi) sekitar 10 km per liter; didapatkan biaya BBM kendaraan sekitar Rp. 450 per km. Servis berkala (5000 km) dipukul rata Rp. 500.000 atau sekitar Rp. 100 per km. Terakhir, pajak, STNK + Biaya lainnya setiap tahun (24000 km) sekitar Rp. 4.500.000. Jika dipukul rata, menjadi Rp 200 per km.

Begitulah kira-kira perhitungan kasar dari biaya menggunakan kendaraan Daihatsu Xenia 1.0 per km. Mungkin anda punya pendapat lain?

Sekali lagi -- terus terang -- saya bukan ahli Ekonomi/ Akuntan. Jadi, kurang ngerti apakah sudah menghitung "maintenance & depreciation costs" dengan betul. Namun -- setidaknya berdasarkan penggunaan kendaraan selama 5 tahun belakangan -- saya dapat mengasumsikan bahwa setiap hari saya membayar sekitar Rp. 75000.- untuk biaya transpor (60 km).

Kalau BBM jadi dinaikkan, mungkin akan jatuhnya sekitar Rp. 87.000 per hari. Lalu, akan ada kenaikan-kenaikan lainnya -- akibat kenaikan BBM tersebut. Lalu BBM akan disesuaikan lagi... Cape deh...


13 April 2013

Install Ubuntu Hang/Freeze

Hingga awal April 2013 ini -- masih tetap ada bug saat install Ubuntu -- sistem akan membeku (freeze/hang) saat memeriksa disk dengan partisi yang sudah ada isinya.

Masalah ini dapat dihindari dengan me-"mount" semua partisi tersebut sebelum prosesi install dimulai. "Mount" dapat dilakukan dengan meng-"klik" gambar-gambar disk, atau dengan perintah "mount".

Perhatikan partisi-partisi yang sudah ter-mount dari "rmsbase.vlsm.org" berikut ini:

(UNTUK PEMBESARAN: KLIK GAMBAR)

Langkah selanjutnya mengklik perintah "installer Ubuntu".


Pada saat ditanya "unmount" partisi, harap menjawab "NO".


Selanjutnya lakukan pemilihan partisi secara manual.



Kini, partisi-partisi tersebut dapat di-unmount. Lalu, langkah selanjutnya seperti biasa.


Grrr... memo blog ini terutama ditulis untuk KEPERLUAN SENDIRI. Semoga catatan ini akan bermanfaat di masa mendatang, saat sudah lupa cara menyelesaikan masalah trivia ini. Tulisan ini berbasis "Google Sana, Google Sini, Coba Itu, Coba Ini, Lalu Tanya-tanyi". Entah ini PLAGIAT, entah ini RISET, yang jelas tidak pernah ada klaim bahwa ini merupakan karya asli, dan belum tentu pula merupakan solusi terbaik :).




Energizer LED Folding Lantern

Kesan pertama melihat lampu ini ialah -- "gile muahal sekalee..." -- yaitu Rp. 250000 di sebuah perkulakan di Ciputat. Sudah mahal, masih mesti beli ekstra sebanyak 4 batere "D".

Selama ini, biasanya membeli lampu "darurat" yang dapat diisi ulang (rechargeable). Pasaran untuk lampu seperti ini ialah Rp. 100.000 - Rp 200.000-an. Sayang sekali, aki dari lampu tersebut cepat rusak.


Lampu "Energizer LED Folding Lantern" diuji-coba menggunakan batere  ukuran D merek "Everady Heavy Duty". Pada tiga hari pertama (non-stop), lumayan terang benderang (96 lumen).


Namun selanjutnya, berangsur-angsur bertambah redup. Pada hari ke 10 (sepuluh), masih ada sedikit "sisa" cahaya.

Berhubung baru membeli bulan April 2013 ini, belum punya informasi perihal berapa lama lampu ini dapat bertahan hingga rusak. Harapannya, lebih dari lampu "darurat" yang aki-nya dapat bertahan 1 - 2 tahunan.





07 April 2013

Lupa Password BlackBerry ID

BlackBerry ID jarang sekali diperlukan, sehingga menimbulkan peluang untuk lupa password-nya. Repotnya, HINT URL yang diberikan oleh pesawat BlackBerry menuju sebuah laman Web yang terlalu ramai sehingga tidak selalu mudah untuk menemukan tautan web berikutnya.
Jika anda terhempas ke situs id.blackberry.com, di bagian atas tengah ada tautan "Dukungan --> ID BlackBerry". Lalu, di bawah topik "Sudah memiliki BlackBerry ID?" ada tautan "Ubah kata sandi" yang akan menuju laman "Penyetelan Ulang Kata Sandi BlackBerry ID". Setelah diisi, akan menerima instruksi berikutnya melalui email.
Tentu saja, asumsinya tidak lupa password email! Jika lupa, cape deh!

Grrr... memo blog ini terutama ditulis untuk KEPERLUAN SENDIRI. Semoga catatan ini akan bermanfaat di masa mendatang, saat sudah lupa cara menyelesaikan masalah trivia ini. Tulisan ini berbasis "Google Sana, Google Sini, Coba Itu, Coba Ini, Lalu Tanya-tanyi". Entah ini PLAGIAT, entah ini RISET, yang jelas tidak pernah ada klaim bahwa ini merupakan karya asli, dan belum tentu pula merupakan solusi terbaik :).