24 Juli 2018

Menghapus Berkas Tua dari GMAIL

Sarana penyimpanan Google saat ini dibatasi 15 GB yang seharusnya lebih dari cukup. Terdapat beberapa pilihan,  jika sudah mendekati batas 15 GB tersebut. Berikut ialah pilihan menghapus berkas attachment gmail yang tua dengan ukuran tertentu.

Umpamanya, mencari berkas email yang lebih besar dari 1 kB dan lebih tua dari 1 tahun:

larger:1k older_than:1y

larger:1k older_than:1y

Tentu saja, anda dapat mengganti ukuran dan umur berkas dengan parameter lain yang lebih cocok dengan keyakinan dan kepercayaan anda!

Dalam contoh berikut, digunakan parameter untuk mencari berkas lebih besar dari 9 MBytes.

larger:9M


larger:9M

Selanjutnya, pilih semua (ALL) berkas yang memenuhi ukuran 9 MBytes (AWAS: jika ada lebih dari 100 berkas, anda harus memberikan perintah tambahan!).


Untuk menhapus semua, pilih: ALL

Dengan meng-klik ikon "DELETE" (hapus), maka semua berkas akan dimasukkan ke tempat sampah (trash) selama 30 hari serta selanjutnya akan dihapus secara permanen.

DELETE
 
Jika ingin mengetahui komposisi penggunaan penyimpanan Google, silakan klik "Manage" yang ada di bagian kiri bawah tampilan Gmail.

Manage Goggle Storage

Terlihat, bahwa jatah fasilitas penyimpanan Google digunakan bersama oleh "Google Drive", "Gmail", dan "Google Photos".

Google Storage

Pertanyaan: sewa atau beli hard disk?

Harga sewa penyimpanan setahun hampir sama dengan harga hard disk baru! Sebaiknya pilih mana, ya?

DISKLAIMER


Grrr... memo blog ini terutama ditulis untuk KEPERLUAN SENDIRI. Tulisan ini berbasis "Google Sana, Google Sini, Coba Itu, Coba Ini, Lalu Tanya-tanyi". Entah ini PLAGIAT, entah ini RISET, yang jelas tidak pernah ada klaim bahwa ini merupakan karya asli, dan belum tentu pula merupakan solusi terbaik  (and f*ck y* all worshippers of Sc*pus :). Mohon kiranya memberikan tanggapan, terutama jika memiliki solusi alternatif. Semoga catatan ini akan bermanfaat di masa mendatang, saat sudah lupa cara menyelesaikan masalah trivia ini.