28 September 2010

Wajib Kunjung Luar Negeri!

Berbeda dengan pendapat publik yang sedang gencar beredar, sebaiknya setiap pejabat atau legislator baru, diwajibkan -- sebelum dilantik -- untuk langsung melakukan studi banding ke luar negeri. Dengan demikian, mudah-mudahan mereka langsung sadar, betapa tidak majunya negara ini, serta memicu untuk bekerja keras menanggulangi permasalahan-permasalahan yang ada!

Entah apa namanya, Kunker (Kunjungan Kerja) atau Studi Banding, atau apa pun.... Saat mereka di luar negeri, mereka diwajibkan untuk melaksanakan beberapa hal seperti:
  • membuka sebuah akun Bank di luar negeri, sehingga segera menyadari, betapa tidak majunya sistem perbankan di Indonesia.
  • naik transportasi umum, sehingga segera menyadari, betapa pentingnya segera membenahi transportasi umum dalam negeri.
  • bersantap di rumah makan cepat saji, sambil belajar membereskan/mengembalikan nampan makan setelah selesai.
  • dst.
Sepulang dari luar negeri tersebut, selama satu bulan penuh dilarang menonton TV lokal, terutama sinetron (plus berita selebritis mata melotot), dan tidak boleh membaca media lokal lainnya. Mereka diwajibkan membaca majalah luar negeri dan menonton TV Kabel. Dengan demikian, dapat selalu memantau kemajuan yang terjadi, sehingga dengan sigap berusaha mengejar ketinggalan-ketinggalan yang ada.

Semoga 2014 lebih baik.

revisi 11.04.26-02