03 November 2010

Hallo Birokrat: Kosongkanlah Lapangan Parkirmu!

Jakarta semangkin macet... cet... cet... Berbagai wacana muncul untuk penanggulangnya! Berikut ini, merupakan salah satu ide saja...
Seharusnya pemerentah mulai dengan menata dirinya sendiri dari pada omdo doang... Pertama-tama, perlu ada penghapusan aturan VVIP: Wahai para birokrat; berhentilah berfantasi bahwa waktu kalian lebih berharga daripada waktu kami (rakyat). Terlebih lagi para petinggi tentara: negara tidak dalam keadaan perang sehingga tidaklah relevan jika meminta prioritas di jalan raya!
Kedua-dua, para pejabat tinggi yang (masih) merasa VVIP disediakan rumah dinas yang dekat dengan kantor sehingga dapat berjalan kaki. Berhentikah menggunakan jalan untuk kepentingan pribadi yaitu menuju rumah pribadi.
Ketiga-tiga, kosongkanlah lapangan parkir dari instansi pemerentah dengan memperbanyak fasilitas antar-jemput. Berikanlah contoh dengan tidak membuat jalan raya tambah sumpek dengan mobil-mobil pribadi dari berbagai lapisan birokrat.
Terakhir, gunakan 100% subsidi BBM untuk fasilitas transportasi umum. Transportasi yang bermutu tentunya, bukan yang asal-asal seperti sekarang!

Semoga 2014 lebih baik!

revisi 10.11.03-00