23 Januari 2011

Tirulah Obama

Perhatikan saluran kabel seperti BBC, CNBC, CNN dst. Kalau Obama lagi ngomong, langsung ada BREAKING NEWS, dan bukan sekedar BERAK NEWS!
Wahai para orator lokal: tirulah gaya orasi Obama! Gaya orasi Obama rapih dan mantap. Terkadang tekanannya naik, dan terkadang turun, sehingga kita tahu, mana bagian yang dianggap penting serta mana yang biasa saja. Bisa saja tema orasi hanya sekedar seputar dunia "BEMO", namun serasa membicarakan "Rolls Royce".
Tema orasi harus mantap serta relevan untuk para pendengarnya. Janganlah mengeluh, curhat, menggurui, dan membuat penonton menjadi bosan. Kalau pun ternyata membosankan, janganlah marah! Terakhir, janganlah berkeluh kesah perihal gaji di depan pihak yang lebih susah!
Ada baiknya sebelum menjadi orator, menjadi dosen. Ruangan kelas akan kosong kalau "orasi dosennya" tidak matching. Tentu saja, maksudnya dosen "world class"; bukan dosen yang sekedar mengandalkan absensi 75%. Cape deh!

Semoga 2014 lebih baik!

Perhatian:
Penulis bukan pendukung Obama, dan penulis tidak percaya bahwa terpilihnya Obama akan ada manfaat langsung bagi Indonesia. Titik fokus tulisan ini ialah gaya/teknik berorasi.

revisi 11.01.23-02