23 September 2013

Apa Perlu PowerBank?


V-GEN 12400 mAh
Hm... ini sekedar contoh nyata: "Beli dulu, baru mikirin -- apa ada gunanya". Problem yang ingin diatasi ialah "ponsel pintar" yang cepat sekali menguras isi batere. Solusi yang diajukan ialah membeli "power monster" 12400 mAh.

Problem pertama yang dihadapi ialah, waktu untuk mengisi monster tersebut hampir satu hari penuh. Artinya, "ketidak-tersediaan" pilihan ini pun satu hari penuh. Apakah perlu memiliki dua monster, atau mungkin memilih power bank dengan kapasitas yang lebih masuk akal?

Kenyataan lainnya ialah, sepanjang hari sebetulnya punya akses terhadap outlet PLN. Jadi, sebetulnya lebih praktis kalau langsung mengisi ponsel yang sedang lowbat.

Solusi yang saya pilih ialah memiliki dua buah ponsel pintar yang digunakan bergantian. Masalah yang timbul ialah, belum menemukan perangkat lunak pendukung agar penggunaan ponsel bergantian dilakukan secara transparan.

Namun, saya percaya, problem ini sebetulnya juga merupakan "kesempatan" muncul dengan solusi yang tepat? Ada yang punya ide? Waktu dan tempat kami persilakan...

Grrr... memo blog ini terutama ditulis untuk KEPERLUAN SENDIRI. Semoga catatan ini akan bermanfaat di masa mendatang, saat sudah lupa cara menyelesaikan masalah trivia ini. Tulisan ini berbasis "Google Sana, Google Sini, Coba Itu, Coba Ini, Lalu Tanya-tanyi". Entah ini PLAGIAT, entah ini RISET, yang jelas tidak pernah ada klaim bahwa ini merupakan karya asli, dan belum tentu pula merupakan solusi terbaik :).