28 Februari 2014

Haydn vs Beethoven


untuk pembesaran, silakan klik foto di atas
Franz Joseph "Papa" Haydn (1732-1809) dan Ludwig van Beethoven (1770-1827) merupakan nama dua komposer papan atas yang tetap dikenal hingga kini.

Haydin selama hidupnya menggubah lebih dari 100 simfoni. Karya Haydn diantaranya hingga kini masih digunakan sebagai lagu kebangsaan Republik Federasi Jerman. BBC (siaran Indonesia) juga pernah menggunakan karya Haydin sebagai lagu pembukaan. Ada dua komposer besar yang dapat dikatakan pernah belajar pada Haydin: Mozart dan Beethoven.

Beethoven selama hidupnya hanya menggubah 9 simfoni. Contohnya, Opus 67 C minor (#5) merupakan sesuatu yang hingga kini tidak ada duanya: pertarungan antara C minor melawan C mayor yang akhirnya dimenangkan oleh C mayor! Kedelapan simfoni Beethoven lainnya pun tidak kalah unik dan menawan.

Mana yang lebih baik: menggubah lebih dari 100 simfoni, namun hanya menggunakan satu pakem; atau 9 simfoni yang tidak ada duanya? Jawabannya: 100 simfoni dong, karena menghasilkan "kum kenaikan pangkat" yang lebih banyak! Ya, kan?