27 November 2014

gscan2pdf: alat manipulasi berkas PDF serba bisa

Berikut merupakan petunjuk cara mengubah halaman dengan dua kolom menjadi halaman-halaman terpisah (satu kolom). Seharusnya, cukup menggunakan utilitas "gscan2pdf". Namun, utilitas tersebut ada "bug" sehingga sedang tidak dapat menggabung kembali menjadi berkas PDF. Untuk itu, digunakan utilitas tambahan "convert" (ImageMagick).


Mula-mula, jalankan program gscan2pdf, kemudian buka berkas PDF yang ingin dikonversi.


Cara membagi sebuah halaman menjadi dua dengan modul "unpaper":

tools --> clean up

Pilih: layout = single;  #output page = 2


Karena ada bug, hasil ini tidak dapat dikombinasikan kembali menjadi berkas PDF. Karena itu, halaman-halaman ini perlu disimpan dalam format sementara, yaitu "PNG".


Hasilnya akan berbentuk berkas-berkas seperti berkas-png_000.png, berkas-png_001.png, dst. Berkas-berkas png tersebut digabungkan kembali dengan perintah "convert" (paket ImageMagick):

convert berkas-png_*.png nama-berkas-pdf.pdf

Grrr... memo blog ini terutama ditulis untuk KEPERLUAN SENDIRI. Tulisan ini berbasis "Google Sana, Google Sini, Coba Itu, Coba Ini, Lalu Tanya-tanyi". Entah ini PLAGIAT, entah ini RISET, yang jelas tidak pernah ada klaim bahwa ini merupakan karya asli, dan belum tentu pula merupakan solusi terbaik :). Mohon kiranya memberikan tanggapan, terutama jika memiliki solusi alternatif. Semoga catatan ini akan bermanfaat di masa mendatang, saat sudah lupa cara menyelesaikan masalah trivia ini.