21 April 2015

PUTTY (ssh) ke NAT VMware Player

Grrr... cara setting VMware Player berubah terus setiap pergantian versi. "Taktik" untuk versi 5, tidak lagi berlaku untuk versi 6. Sedangkan untuk versi 7, ternyata berbeda lagi!

Jadi, bagaimanakah caranya membuat Ubuntu yang jalan di atas VMware Player (NAT) dapat diakses melalui PUTTY (ssh) dari Windows?

Setelah -- google sana, google sini -- selama beberapa hari, jawabannya TERNYATA: tidak usah diapa-apain! Tinggal masukkan alamat IP dari UBUNTU, dan si Windows langsung mengerti!

CATATAN

a) Mengapa VMWare dan bukan VirtualBox? Sepertinya virtualbox kurang stabil di Windows 7. Padahal, kebanyakan PC di Lab. masih menggunakan Windows 7.
b) Mengapa bukan qemu? Wah, sudah lama tidak main qemu.
c) Mengapa tidak menggunakan bridge? Ya, banyak yang menyarankan bridge. Artinya, musti ada tambahan satu "network device".

DISKLAIMER

Grrr... memo blog ini terutama ditulis untuk KEPERLUAN SENDIRI. Tulisan ini berbasis "Google Sana, Google Sini, Coba Itu, Coba Ini, Lalu Tanya-tanyi". Entah ini PLAGIAT, entah ini RISET, yang jelas tidak pernah ada klaim bahwa ini merupakan karya asli, dan belum tentu pula merupakan solusi terbaik :). Mohon kiranya memberikan tanggapan, terutama jika memiliki solusi alternatif. Semoga catatan ini akan bermanfaat di masa mendatang, saat sudah lupa cara menyelesaikan masalah trivia ini.