19 Juli 2016

HTML5 1996 - 2016

Tidak terasa -- pertama kali mengedit berkas HTML sekitar tahun 1996-an -- 20 tahun yang lalu. Walau pun praktek mengedit langsung berkas HTML sudah lama ditinggalkan, banyak berkas lawas yang masih tertayang pada laman-laman web lama. Banyak informasi pada laman tersebut yang sebetulnya sudah tidak relevan. Namun tidak ada waktu untuk melakukan evaluasi, pemutakhiran serta penghapusan.

Langkah pertama ialah belajar kilat HTML5 serta mengkaji perbedaannya dengan versi-versi sebelumnya. Secara acak dipilih situs http://www.html-5-tutorial.com/ yaitu "HTML5 – A tutorial for beginners". Untuk latihan, digunakan berkas "http://rms46.vlsm.org/2/191.html".

Proses belajar untuk menghasilkan berkas tersebut cukup berlangsung beberapa jam. Hasil dari latihan tersebut ialah ide/ pengetahuan cara merevisi laman-laman yang ada. Memiliki ide tidak berarti akan memutakhirkan laman-laman dalam waktu dekat... Jangan-jangan, ketika HTML6 muncul,  tetap saja belum memulai pemutakhiran....

DISKLAIMER

Grrr... memo blog ini terutama ditulis untuk KEPERLUAN SENDIRI. Tulisan ini berbasis "Google Sana, Google Sini, Coba Itu, Coba Ini, Lalu Tanya-tanyi". Entah ini PLAGIAT, entah ini RISET, yang jelas tidak pernah ada klaim bahwa ini merupakan karya asli, dan belum tentu pula merupakan solusi terbaik :). Mohon kiranya memberikan tanggapan, terutama jika memiliki solusi alternatif. Semoga catatan ini akan bermanfaat di masa mendatang, saat sudah lupa cara menyelesaikan masalah trivia ini.