07 Desember 2016

Septik Tank: Kapan Kuras?


(c) 2007 The Sustainable Sanitation Alliance (cc-by-2.0)

Shit Happens!

Berapa sering kita harus menguras Septik Tank (ST)? Berdasarkan penelusuran Google, hasilnya sangat bervariasi dari satu pendapat ke pendapat lainnya. Ada sumber yang merumuskan bahwa ST ukuran 1 meter-kubik harus dikuras setiap 2 tahun untuk sebuah keluarga beranggota 4 (empat).

Berdasarkan sumber lain, kenyataan di lapangan, ST rumahan biasanya dikuras setiap 10-20 tahun. Berdasarkan pengalaman pribadi, ST pertama dikuras tahun 2012 lalu, untuk rumah yang mulai dihuni sejak 1986. Syarat dan ketentuan berlaku, sebab pada awalnya rumah jarang ditempati, serta pada awalnya belum ada anak.

Kesimpulan sementara, ST akan dikuras lagi sekitar tahun 2022?!

DISKLAIMER


Grrr... memo blog ini terutama ditulis untuk KEPERLUAN SENDIRI. Tulisan ini berbasis "Google Sana, Google Sini, Coba Itu, Coba Ini, Lalu Tanya-tanyi". Entah ini PLAGIAT, entah ini RISET, yang jelas tidak pernah ada klaim bahwa ini merupakan karya asli, dan belum tentu pula merupakan solusi terbaik :). Mohon kiranya memberikan tanggapan, terutama jika memiliki solusi alternatif. Semoga catatan ini akan bermanfaat di masa mendatang, saat sudah lupa cara menyelesaikan masalah trivia ini.