03 Januari 2018

Dampak Vaksinasi Difteri

Berikut merupakan pengalaman pribadi divaksinasi Difteri. Vaksinasi dilaksanakan secara kolektif untuk sivitas Universitas Indonesia pada pagi hari Jumat, 29 Desember 2017.

Setelah vaksinasi (Jumat), tidak terasa apa-apa. Bahkan setelah 24 jam, tidak merasakan perubahan apa-apa! Timbul rasa khawatir, jangan-jangan ini bukan ORI, dan hanya vaksinasi KW.

Menjelang keesokan sorenya (Sabtu), lengan yang disuntik mulai terasa aneh. Rasa aneh tersebut lalu menyebar ke lengan satu lagi! Walau pun tidak sampai demam atau pusing, sepanjang malam terasa semakin tidak menentu!

Rasa tidak menentu meningkat pelan-pelan pada hari ketiga (Minggu), lalu menurun pelan-pelan pada hari-hari berikutnya. Bahkan hari kelima (Rabu) ini, masih terasa sedikit pada lengan yang disuntik.

DISKLAIMER


Grrr... memo blog ini terutama ditulis untuk KEPERLUAN SENDIRI. Tulisan ini berbasis "Google Sana, Google Sini, Coba Itu, Coba Ini, Lalu Tanya-tanyi". Entah ini PLAGIAT, entah ini RISET, yang jelas tidak pernah ada klaim bahwa ini merupakan karya asli, dan belum tentu pula merupakan solusi terbaik :). Mohon kiranya memberikan tanggapan, terutama jika memiliki solusi alternatif. Semoga catatan ini akan bermanfaat di masa mendatang, saat sudah lupa cara menyelesaikan masalah trivia ini.