06 Januari 2020

Permasalahan Kemasan Obat Blister Dan Strip

Pendahuluan

Tujuan tulisan berikut ini, BUKAN untuk mempromosi obat "Candersartan Cilexetil 8mg" produksi P.T. Beta Pharmacon untuk P.T. Dexa Medica.

Tulisan ini seputar pemasalahan kemasan Blister dan Strip, serta mempertanyakan mengapa permasalahan ini tidak ditangani dengan sungguh-sungguh.

Perhatikan kemasan blister berikut ini:


Namun untuk dosis harian, biasanya kemasan blister tersebut dipotong-potong agar mudah dibawa kemana-mana.


Permasalahannya, setelah dipotong-potong, tidak selalu mudah untuk mengenal jenis obat tersebut! Belum lagi, bentuk dan warna tergantung dari produsen obat sehingga tidak selalu serupa!


Permasalahan dapat dengan mudah diatasi. Umpamanya dengan menambahkan sebuah tanda unik seperti kombinasi lingkaran, segi-tiga, dan kotak. Jumlah tanda unik harus minimal sama dengan jumlah obat dalam kemasan.


Mengapa tidak?


DISKLAIMER


Grrr... memo blog ini terutama ditulis untuk KEPERLUAN SENDIRI. Tulisan ini berbasis "Google Sana, Google Sini, Coba Itu, Coba Ini, Lalu Tanya-tanyi". Entah ini PLAGIAT, entah ini RISET, yang jelas tidak pernah ada klaim bahwa ini merupakan karya asli, serta belum tentu pula merupakan solusi terbaik, serta bukan untuk konsumsi Scopus :). Mohon kiranya memberikan tanggapan, terutama jika memiliki solusi alternatif. Semoga catatan ini akan bermanfaat di masa mendatang, saat sudah lupa cara menyelesaikan masalah trivia ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar