24 Januari 2008

UI DOT EDU

  1. Baik ''ui.edu'' maupun ''ui.ac.id'' telah digunakan secara paralel semenjak pertengahan 1990-an/awal penggunaan JUITA (Jaringan Universitas Indonesia Terpadu). Kurang tepat jika disebutkan bahwa UI ikut-ikutan beralih ke dot edu.
  2. Secara ''de facto'', mayoritas perangkat di PPSI (pernah) menggunakan domain ''ui.edu'.
  3. Prinsip-prinsip Domain Name System (DNS) yang dicanangkan oleh Paul Mockapetris dan Jon Postel (1983) tidak dimaksudkan sebagai perangkat klasifikasi pengguna Internet. DNS semata-mata merupakan sarana untuk mempermudah mengingat nama sebuah perangkat internet.
  4. Seharusnya dilihat sebagai sebuah kebanggaan, bahwa ''ui.edu'' digunakan oleh Universitas Indonesia -- dan bukan oleh India, bukan Illinois, bukan Indiana, bukan Iowa, dan seterusnya.
  5. Sejarah pengelolaan domain ''ac.id'' selama ini tidak selalu dapat dikatakan lancar dan aman. Berdasarkan prinsip-prinsip IT Audit standar, ketidak-stabilan pengelolaan domain tersebut dapat berakibat hal-hal yang kurang diinginkan.
  6. Konyol abis deh jika dalam zaman repormasi ini, masih ada pihak pelat merah yang memberikan petunjuk, bagaimana sebuah perguruan tinggi memilih domain.
revisi 10.10.21-01