24 Januari 2008

UI DOT EDU

  1. Baik ''ui.edu'' maupun ''ui.ac.id'' telah digunakan secara paralel semenjak pertengahan 1990-an/awal penggunaan JUITA (Jaringan Universitas Indonesia Terpadu). Kurang tepat jika disebutkan bahwa UI ikut-ikutan beralih ke dot edu.
  2. Secara ''de facto'', mayoritas perangkat di PPSI (pernah) menggunakan domain ''ui.edu'.
  3. Prinsip-prinsip Domain Name System (DNS) yang dicanangkan oleh Paul Mockapetris dan Jon Postel (1983) tidak dimaksudkan sebagai perangkat klasifikasi pengguna Internet. DNS semata-mata merupakan sarana untuk mempermudah mengingat nama sebuah perangkat internet.
  4. Seharusnya dilihat sebagai sebuah kebanggaan, bahwa ''ui.edu'' digunakan oleh Universitas Indonesia -- dan bukan oleh India, bukan Illinois, bukan Indiana, bukan Iowa, dan seterusnya.
  5. Sejarah pengelolaan domain ''ac.id'' selama ini tidak selalu dapat dikatakan lancar dan aman. Berdasarkan prinsip-prinsip IT Audit standar, ketidak-stabilan pengelolaan domain tersebut dapat berakibat hal-hal yang kurang diinginkan.
  6. Konyol abis deh jika dalam zaman repormasi ini, masih ada pihak pelat merah yang memberikan petunjuk, bagaimana sebuah perguruan tinggi memilih domain.



DISCLAIMER


This is HOW Me Do IT! Grrr... this blog memo is mainly written for OWN PURPOSES. This post is based on "Google Here, There, and Everywhere". Whether this is PLAGIARY or RESEARCH, there has never been a claim that this is an original work, nor is it necessarily the best solution, and not for Scopus consumption :). Please provide feedback, especially if you have alternative explanations. Hopefully, this note will be helpful in the future when you have forgotten how to solve this trivia problem.


DISKLAIMER


INIlah yang KUlakukan! Grrr... memo blog ini terutama ditulis untuk KEPERLUAN SENDIRI. Tulisan ini berbasis "Google Sana, Google Sini, Coba Itu, Coba Ini, Lalu Tanya-tanyi". Entah ini PLAGIAT, entah ini RISET, yang jelas tidak pernah ada klaim bahwa ini merupakan karya asli, serta belum tentu pula merupakan solusi terbaik, serta bukan untuk konsumsi Scopus :). Mohon kiranya memberikan tanggapan, terutama jika memiliki solusi alternatif. Semoga catatan ini akan bermanfaat di masa mendatang, saat sudah lupa cara menyelesaikan masalah trivia ini.

This is the Way!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar