12 Juli 2009

Kiat (Pribadi) Melawan Gejala Flu

Tulisan berikut ini sekedar pengalaman pribadi melawan gejala flu. Kiat ini BELUM pernah dibuktikan secara ilmiah, sehingga hanya merupakan sekedar bahan pertimbangan masing-masing saat mempersiapkan perlawanan terhadap gejala flu.

Perlu ditekankan bahwa yang akan diatasi ialah gejala flu, yaitu saat kita mulai merasa tidak enak badan. Jadi, bukan setelah flu secara penuh menyerang kondisi kita. Gejala flu biasanya berupa kondisi tidak enak badan. Dalam keadaan tidak enak badan, hindari penggunaan obat penghilang rasa sakit seperti paracetamol, aspirin, naproxen secara berlebihan. Sesuai namanya, obat penghilang rasa sakit akan menghilangkan rasa sakit, namun tidak akan menyembuhkan gejala flu! Hati-hati: obat-obat yang dikenal sebagai penyembuh flu, biasanya hanya merupakan penghilang rasa sakit. Penggunaan penghilang rasa sakit secara berlebihan, hanya akan menyebabkan kita kebal terhadap rasa sakit!

Kiat yang tepat untuk melawan flu ialah menjaga kondisi dengan istirahat dan gizi yang cukup, terutama vitamin B kompleks dan vitamin C. Kemampuan tubuh untuk menyerap vitamin sangat terbatas. Umpamanya, vitamin C hanya diserap sekitar 3 mg per jam. Penggunaan vitamin B dan C dengan dosis tinggi hanya akan mubazir jika ditelan sekali gus. Upayakan vitamin tersebut digunakan dalam dosis lebih rendah namun secara berkesinambungan.

Begitulah sekedar informasi kiat melawan flu. Syarat dan ketentuan berlaku: hubungi dokter jika gejala flu tidak mau reda. Terakhir: kiat ini untuk mengatasi flu manusia, dan bukan untuk flu babi dan flu ayam.

revisi 10.11.02-04