04 Desember 2011

Apa Gunanya Partai/Wakil Rakyat?

Yunani Athena pada saat "Sebelum Masehi" berbentuk Republik Langsung Tanpa Perwakilan. Model ini, kira-kira mirip sebuah rapat RT. Jika diperlukan sebuah keputusan bersama, warga Athena dikumpulkan di sebuah tempat untuk musyawarah dan mufakat.

Kendala timbul saat jumlah penduduk meningkat, sehingga mulailah diperkenalkan sebuah model baru yaitu "Perwakilan". Artinya, suara/keputusan diwakilkan oleh sekelompok masyarakat kepada beberapa orang/perwakilan saja. Sayang sekali, yang seharusnya menjadi wakil Rakyat, cenderung hanya mewakili kepentingan Partainya sendiri.

Namun kini ada Teknologi Informasi seperti SMS, sehingga perlu dipertanyakan, apakah kita masih perlu "diwakilkan"?! Mengapa tidak menggunakan SMS untuk voting?! Mungkin saja, masih ada pihak yang merasa lebih nyaman diwakili. Namun, apa salahnya untuk mulai memberikan kesempatan kepada pihak yang sudah tidak lagi bersedia diwakili oleh para wakil rakyat tersebut?


Tulisan ini TENTANG IDE bahwa TEKNOLOGI INFORMASI telah memungkinkan pemangkasan peranan dari para wakil rakyat dan partai. Jadi, belum membahas mahasalah teknis termasuk berapa lama diperlukan untuk mempersiapkan sistem seperti ini.


Semoga 2014 lebih baik!