06 Februari 2012

*UBUNTU: Gara-gara NTFS

Apa yang mesti dilakukan jika pada saat *UBUNTU boot, muncul pesan "Serious errors were found while checking the disk drive for [AN NTFS]"? Pesan ini muncul karena NTFS (New Technology File System) bukan merupakan anggota keluarga kandung dari GNU/Linux.

Perhatikan isi  dari baris berkas "/etc/fstab" berikut:
/dev/sda1 /ntfs/1 ntfs defaults,unmask=007,gid=46 0 3
Karena mengisi kolom ke-6 dengan "3", maka pada saat boot sistem akan mencoba memeriksa partisi "/dev/sda1" dengan program "fsck.ntfs". Jika tidak menemukan program tersebut, maka akan keluar pesan seperti di atas.

Ada dua cara untuk mengatasi hal ini. Pertama, mengganti angka "3" tersebut dengan "0", sehingga partisi "/dev/sda1" tidak diperiksa. Atau, membuat link simbolis dari "/usr/local/bin/fsck.ntfs" menuju program seperti "/bin/ntfsfix".

BTW, kadang-kadang muncul komplain tidak bisa mount NTFS karena "Windows Fastboot" atau "Hibernasi". KALAU ANDA TIDAK SETTING HAL TERSEBUT, silakan mount berkas NTFS dengan:

$ sudo mount -a -o remove_hiberfile

Tentu dengan asumsi bahwa berkas NTFS tersebut sudah ada di /etc/fstab.

Grrr... memo blog ini terutama ditulis untuk KEPERLUAN SENDIRI. Tulisan ini berbasis "Google Sana, Google Sini, Coba Itu, Coba Ini, Lalu Tanya-tanyi". Entah ini PLAGIAT, entah ini RISET, yang jelas tidak pernah ada klaim bahwa ini merupakan karya asli, dan belum tentu pula merupakan solusi terbaik :). Mohon kiranya memberikan tanggapan, terutama jika memiliki solusi alternatif. Semoga catatan ini akan bermanfaat di masa mendatang, saat sudah lupa cara menyelesaikan masalah trivia ini.