26 Desember 2012

Contacts Android dan Google

Salah satu permasalahan yang saya alami saat menggunakan pesawat telepon berbasis Android ialah pengaturan "Contacts". Dalam penggunaan sehari-hari, saya menggunakan sekurangnya tiga (set) "Contacts" yang berbeda: "surel (email)", "telepon (voice)", dan "facebook". Grr... belum lagi permasalahan dengan operator Esia/MAX-D/AHA yang tidak mengerti awalan "+62" untuk kode nomor Indonesia.

"Keunggulan Contacts" yang mampu memisahkan antara jenis-jenis sumber yang berbeda justru menambah kerumitan pengaturan saat pemeliharaan. IMHO -- sebaiknya setiap pesawat Android memiliki akun "Google" yang terpisah. Dengan demikian, setiap pesawat Android dapat diatur untuk memiliki Contacts yang spesifik.

Salah satu trik untuk membuat semua menjadi Google Contacts ialah dengan meng-EXPORT seluruh Contacts pada pesawat Android kedalam format CSV. Setelah menghapus seluruh Contacts pada pesawat Android, kembali meng-IMPORT semua Contacts ke akun Google.

Grrr... memo blog ini terutama ditulis untuk KEPERLUAN SENDIRI. Semoga catatan ini akan bermanfaat di masa mendatang, saat sudah lupa cara menyelesaikan masalah trivia ini. Tulisan ini berbasis "Google Sana, Google Sini, Coba Itu, Coba Ini, Lalu Tanya-tanyi". Entah ini PLAGIAT, entah ini RISET, yang jelas tidak pernah ada klaim bahwa ini merupakan karya asli, dan belum tentu pula merupakan solusi terbaik :).