27 Juli 2013

Medley Penasaran

Pernahkan anda penasaran dengan judul sebuah lagu? Ini merupakan kisah "pencarian" judul lagu yang pernah saya dengar "beberapa" tahun yang lalu, tepatnya tahun 1967. Jaman tersebut -- belum ada MTV -- bahkan "kaset" masih belum populer. Lagu dapat didengar melalui radio, piringan hitam, atau "reel tape".
Ini namanya REEL TAPE
Yang saya ingat ialah lagu tersebut sepertinya merupakan medley instrumentalia dengan menggunakan akordian. Karena bagian tengah lagu berbeda sekali dengan bagian awal dan akhir, saya perkirakan merupakan sebuah medley. Hingga 2013 ini, tidak pernah ketahuan judulnya!

Sambil menunggu buka puasa di suatu sore Ramadan 1434 ini, saya menyempatkan diri untuk menelusuri medley tersebut melalui YouTube. Yang disimak ialah "Reflections Of 1965 - 1969" berisi 500 potongan lagu (total 135 menit). Karena berupa lagu, kegiatan ini dapat dilakukan secara paralel dengan kegiatan lainnya.

Ciluk Ba! Akhirnya ketahuan bahwa yang ditengah medley merupakan lagu "These Boots are Made for Walking" yang dipopulerkan oleh Nancy Sinatra pada tahun 1966. Sayang sekali, melalui Google tidak ditemukan medley yang cocok.  Namun kemudian, ditemukan bahwa bagian awal dan akhir dari medley dinyanyikan oleh SSgt. Barry Sadler dengan judul "The Ballad of the Green Berets" (1966).

Gabungan dari kedua lagu tersebut, ternyata dibawakan dengan akordian oleh Albert Vossen (1910 - 1971). Versi Jerman dari lagu tersebut ialah "Hundert Mann und ein Befehl" dan "Die Stiefel sind zum Wandern"

Jika tertarik, silakan mendengarkan sendiri lagunya melalui YouTube: http://www.youtube.com/watch?v=d0PD0xTGDCc

Grrr... memo blog ini terutama ditulis untuk KEPERLUAN SENDIRI. Semoga catatan ini akan bermanfaat di masa mendatang, saat sudah lupa cara menyelesaikan masalah trivia ini. Tulisan ini berbasis "Google Sana, Google Sini, Coba Itu, Coba Ini, Lalu Tanya-tanyi". Entah ini PLAGIAT, entah ini RISET, yang jelas tidak pernah ada klaim bahwa ini merupakan karya asli, dan belum tentu pula merupakan solusi terbaik :).