01 Januari 2017

Kisah Bukhari dan Muslim

Alkisah pada zaman dahulu kala, pernah hidup dua sarjana bernama Bukhari dan Muslim. Nama lengkap dari Bukhari ialah "Abu Abdullah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin al-Mughirah bin Bardizbah al-Ju'fi al-Bukhari" (محمد بن اسماعيل البخاري), atau lebih dikenal dengan nama Imam Bukhari. Nama lengkap dari Muslim ialah "Al-Imam Abul Husain Muslim bin al-Hajjaj al-Qusyairi an- Naisaburi" (    أبو الحسين مسلم بن الحجاج القشيري النيشابوري)   )   
Sebelum mereka publish sesuatu, mereka selalu melakukan verifikasi. Pada zaman tersebut, belum ada scopus, mobil, pesawat terbang, ponsel, whatsapp, dst. Untuk proses verifkasi, kadang-kadang mereka naik onta sampai berhari-hari. Begitulah, kisah Bukhari dan Muslim (dan bukan "scopus" Bukhari dan Muslim).

DISKLAIMER


Grrr... memo blog ini terutama ditulis untuk KEPERLUAN SENDIRI. Tulisan ini berbasis "Google Sana, Google Sini, Coba Itu, Coba Ini, Lalu Tanya-tanyi". Entah ini PLAGIAT, entah ini RISET, yang jelas tidak pernah ada klaim bahwa ini merupakan karya asli, dan belum tentu pula merupakan solusi terbaik :). Mohon kiranya memberikan tanggapan, terutama jika memiliki solusi alternatif. Semoga catatan ini akan bermanfaat di masa mendatang, saat sudah lupa cara menyelesaikan masalah trivia ini.