26 Oktober 2018

Kiat Hemat WhatsApp Group

Ada peribahasa lama: "Lain Padang, lain Belawan... dan lain pula Lubuk Linggau"! Walau pun berbeda, namun WhatsApps Groupnya hampir serupa garingnya... Ada yang dagang, ada yang khotbah, ada yang menyebar Hoax, ada yang menyebar Video ukuran MegaBytes, dan tentu saja mesti ada... foto-foto kucing lucu... Oh ya lalu ada: "Selamat XXX untuk ibu YYY"; yang disusul dengan "Selamat...", "Selamat...", "Selamat..."..., berbaris-baris.

Ada dua masalah yang timbul. Pertama, terpaksa harus berlangganan paket DATA yang besar (lebih mahal). Kedua, memori ponsel cepat penuh. Berikut sebuah usaha untuk menanggulangi kedua masalah tersebut. Ya, namanya juga usaha... belum tentu sukses.


Pada WhatsApp, pilih setelan "TIGA TITIK" di pojok kanan atas.


Pilih "SETELAN"


Lalu pilih "Penggunaan data dan..."


Semua "Unduh Otomatis Media" dijadikan "Tidak ada Media" dengan cara berikut...


Deseleksi (jangan memilih) FOTO, AUDIO, VIDEO, DOKUMEN, pada pilihan seperti "Saat menggunakan data seluler".

Untuk seterusnya, WhatApp hanya akan mengunduh berkas-berkas besar dengan persetujuan anda!


DISKLAIMER


Grrr... memo blog ini terutama ditulis untuk KEPERLUAN SENDIRI. Tulisan ini berbasis "Google Sana, Google Sini, Coba Itu, Coba Ini, Lalu Tanya-tanyi". Entah ini PLAGIAT, entah ini RISET, yang jelas tidak pernah ada klaim bahwa ini merupakan karya asli, serta belum tentu pula merupakan solusi terbaik, serta bukan untuk konsumsi Scopus :). Mohon kiranya memberikan tanggapan, terutama jika memiliki solusi alternatif. Semoga catatan ini akan bermanfaat di masa mendatang, saat sudah lupa cara menyelesaikan masalah trivia ini.