18 April 2011

Wacana: SBF/ CGT

Computers Get Together (CGT) merupakan sebuah acara ajang apresiasi seni dan kreasi, silaturahmi sekali gus reuni dari alumni seluruh angkatan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI). Berdasarkan pengamatan lapangan, CGT lebih menjadi sarana "refreshing" para mahasiswa Fasilkom setelah pelaksanaan Ujian Tengah Semester Genap tahun berjalan (UTS bulan April). Dari tahun ke tahun, CGT dapat dikatakan kurang berhasil menarik perhatian dari para alumni. Tulisan ini merupakan sebuah wacana untuk lebih menarik perhatian untuk berkunjung/ mampir di Depok, baik para alumni Fasilkom, mau pun para mantan pekerja Fasilkom dan Pusat Ilmu Komputer (PUSILKOM) UI.

Pertama-tama, informasi perihal CGT harus lebih jelas dan dipersiapkan dengan lebih matang. Pemilihan Facebook Page sebetulnya sudah tepat. Lebih baik lagi, jika ditonjolkan bukan CGT tahun berjalan (2012), namun seluruh CGT terutama yang akan datang. Dengan demikian, akan ada halaman yang dengan mudah "ditemukan" melalui "Google". Sayang sekali pada halaman CGT yang sekarang, sama sekali tidak ada informasi perihal KAPAN penyelenggaraan CGT, mau pun APA yang akan menjadi acara CGT. Lebih menyedihkan lagi, tidak ada informasi/link perihal CGT pada situs BEM mau pun FASILKOM UI.

Kedua, berdasar butir pertama di atas, sudah seharusnya semua pihak untuk lebih menggalang kerja-sama. BEM seharusnya bertanggung-jawab untuk "melestarian pengalaman" dari panitia CGT tahun sebelumnya sehingga sampai pada panitia tahun berikutnya. Pihak Fakultas diharapkan secepat mungkin menetapan jadwal UTS, sehingga dapat ditentukan tanggal penyelenggaraan CGT. Humas dari semua pihak agar memastikan bahwa informasi tersebar dengan jelas, termasuk "cross-link" pada situs web masing-masing.

Ketiga, panitia CGT seharusnya memahami bahwa, selera para alumni tidak dapat dapat dipukul rata, serta mungkin saja sangat berbeda dengan selera para mahasiswa "dewasa muda". Untuk itu, perlu dipertimbangkan, bahwa alumni mungkin tidak tertarik untuk mengikuti sebuah "dress code" tertentu, atau mungkin juga tidak tertarik untuk menonton suara sumbang dari band musik yang dipersiapkan sekedarnya.

Oleh sebab maka dari itu, justru dengan ini diusulkan sebuah acara untuk alumni Fasilkom serta mantan pegawai Fasilkom/PUSILKOM, yang diselenggarakan pada hari yang sama dengan puncak kegiatan CGT. Untuk sementara, kegiatan ini diberi nama "SPRING BREAK FASILKOM" (SBF).

Berikut ini merupakan wacana SBF yang masih akan berubah/ bertambah/ berkurang berdasarkan usulan-usulan yang masuk.

1) SBF bukan merupakan kegiatan independen. SBF diselenggarakan bersamaan dengan CGT, sekitar jam 15:30 (setelah Ashar) hingga 17:30 (sebelum Magrib). Setelah itu, para peserta SBF dipersilakan bergabung dengan kegiatan puncak CGT (atau silakan pulang duluan).

2) SBF berbasis RSVP; artinya diharapkan konfirmasi jika ingin hadir. Dengan demikian, jumlah peserta dapat diantisipasi sejak awal.

3) SBF mengutamakan kualitas/ keakraban dari kuantitas/ masal. Pada tahun-tahun pertama, yang diharapkan hadir cukup antara 5 hingga 25 peserta.

4) SBF bersifat BYOS (Bring Your Own Snack). Dengan demikian, tidak perlu biaya/anggaran khusus, kecuali untuk penyediaan ruangan.

5) SBF dapat dimanfaatkan oleh Fakultas untuk "melacak"/ trace keberadaan para alumni.

6) Para alumni tidak diharapkan untuk hadir/ mampir pada acara SBF setiap tahun! Walau pun hadir SBF sekali seumur hidup sudah cukup, para alumni diharapkan berpartisipasi pada acara SBF setiap 5-10 tahun. Satu-satunya yang diwajibkan hadir ialah ketua ikatan Alumni Fasilkom (atau yang mewakilkan).

Berhubung kurang mendapatkan tanggapan, wacana ini dibekukan, dan penulis tidak lagi bersedia untuk membahasnya.