24 Juni 2012

Backup Apa Saja?

Berikut merupakan daftar harta digital yang sebaiknya di-backup. Silakan memberi komentar, jika punya ide/ pendapat lainnya.

1) BLOGGER

Bayangkan jika host blog kita tiba-tiba bangkrut, atau tiba-tiba memutuskan account secara sepihak... Cape deh! Sebaiknya kita memiliki salinan dari semua blog yang pernah ditulis. Info lanjut untuk membackup blogspot ada di http://rahmatm.samik-ibrahim.vlsm.org/2011/02/cara-backup-blogger-blogspot.html.

2) EMAIL (GMAIL)

Sudah keenakan memanfaatkan fasilitas email seperti Gmail? Bagaimana kalau Google Account anda tiba-tiba dicabut secara sepihak? Untuk info lanjut, silakan lihat http://rahmatm.samik-ibrahim.vlsm.org/2011/02/cara-back-gmail.html.

3) Contact dan Address Book

Walau pun banyak yang mulai melaksanakan backup ini secara online, tidak ada salahnya memiliki salinan (berkala) dari contact dan address book.

4) Environment dan Script

Merasa jengkel karena setiap setup account baru, perlu memodifikasi berkas-berkas seperti .profile, .bash_rc, .bash_aliases? Mengapa tidak di-backup saja?

5) RESTORE

Tentu saja, jangan lupa mempelajari, bagaimana caranya RESTORE berkas-berkas yang telah di-backup ini. Kalau tidak, ya cape deh...

Bagaimana strategi backup-nya? Silakan ikuti http://rahmatm.samik-ibrahim.vlsm.org/2012/06/strategi-backup-berkala.html

Grrr... memo blog ini terutama ditulis untuk KEPERLUAN SENDIRI. Semoga catatan ini akan bermanfaat di masa mendatang, saat sudah lupa cara menyelesaikan masalah trivia ini. Tulisan ini berbasis "Google Sana, Google Sini, Coba Itu, Coba Ini, Lalu Tanya-tanyi". BTW: kalau nyontek dari satu situs, istilahnya PLAGIAT; namun kalau nyontek dari beberapa situs, disebut RISET :).