01 Juni 2012

What is Virtue?

Ini tulisan berbahasa Indonesia dengan judul berbahasa Inggris. Mungkin sebaiknya berjudul: "Apakah yang dimaksud dengan 'virtue' "? Namun tulisan ini bukanlah sebuah penjelasan, melainkan memang betul-betul bermaksud untuk mempertanyakan perihal apa yang dimaksud dengan "virtue" tersebut!

Jadi, apakah yang dimaksud dengan "virtue"? Berdasarkan kamus Google, ditemukan beberapa padanan alternatif: "kebajikan", "kebaikan", "keutamaan", dan "sifat baik". Seorang rekan (hai abang "Ade"! :), menambahkan dengan "niat baik".

Apakah bangsa kita mengenal konsep ini? Kelihatannya tidak: bangsa kita hanya mengenal konsep seperti "kemanusian yang adil dan beradab", tanpa pernah mempermasalahkan dengan apa yang dimaksud dengan "adil" serta apa yang dimaksud dengan "beradab". Selain itu, konsep yang kita kenal biasanya seputar "harga diri", "nama baik", "maksud baik", "martabat", dan "solideritas".

Perhatikan foto berikut ini:

(silakan klik foto)

Foto kantin Fakultas Ilmu Komputer "World Class University of Indonesia" ini diambil pada tanggal 19 Desember 2012 sore. Apakah pernah ada yang berfikir, bahwa di sebuah "world class university", seharusnya dengan kantin yang "world class" juga. Lalu, apakah jika selesai bersantap di sebuah "world class" kantin, piring-piring kotor dibiarkan tergeletak begitu saya?

Jadi, mana "virtue"-nya?