03 Januari 2009

Apa KABAR?

(Lecturing Notes)

Pertanyaan: Apa KABAR?

Jawaban: Kabar adalah sesuatu yang disampaikan secara lisan, tertulis, mau pun elektronis. Pada awalnya, nenek moyang kita menyampaikan kabar secara lisan. Setelah berburu dan bertani sepanjang hari, pada malamnya mereka merumpi mengelilingi api unggun sambil berbagi kabar dan singkong bakar. Tema pembicaraan selalu berputar ke kiri dan ke kanan. Mulai dari teknik berburu, teknik bercinta, kabar terakhir perkawinan bintang sandiwara, atau tentang kisah pesinden kondang yang sedang tumbuh jerawat.

Timbullah masalah, saat komunitas berkembang biak dengan pesat. Budaya lisan ini memiliki berbagai kelemahan, terutama para peserta harus hadir dan aktif pada saat yang bersamaan. Pada saat ada pihak yang berbicara, saat yang sama harus ada pihak yang mendengar. Belum lagi, interferensi jika yang berbicara lebih dari satu. Oleh sebab maka dari itu, muncullah sebuah budaya baru yaitu kabar melalui tulisan.
Kalau sebelumnya kita harus hadir merumpi untuk mendapatkan kabar mutakhir. Namun dengan kabar dalam bentuk tertulis, mulailah berbagai budaya alternatif, termasuk budaya "titip absen".

Menjelang akhir abad 20, kabar mulai berbentuk elektronis. Mulai dari email, usenet news, milis, ftp, gopher, dan www. Zaman GMAIL dimulai pada awal abad 21 ini, ditandai dengan tidak perlu lagi menghapus email karena kuota yang cukup.

Kini adalah zaman gadget. Hampir setiap pihak memiliki alat genggam dengan layar lebih dari 5 inch. Ini menambah kekayaan khasanah definisi "apa kabar": semua yang disampaikan melalui gadget tersebut adalah... KABAR!

Kesimpulan
: Lain kali jika ada yang bertanya "Apa Kabar", mohon dijawab dengan isi blog ini!



DISKLAIMER


Grrr... memo blog ini terutama ditulis untuk KEPERLUAN SENDIRI. Tulisan ini berbasis "Google Sana, Google Sini, Coba Itu, Coba Ini, Lalu Tanya-tanyi". Entah ini PLAGIAT, entah ini RISET, yang jelas tidak pernah ada klaim bahwa ini merupakan karya asli, serta belum tentu pula merupakan solusi terbaik, serta bukan untuk konsumsi Scopus :). Mohon kiranya memberikan tanggapan, terutama jika memiliki solusi alternatif. Semoga catatan ini akan bermanfaat di masa mendatang, saat sudah lupa cara menyelesaikan masalah trivia ini.


2 komentar:

  1. Lho..lho ini post kapan masuknya?

    Perasaan saya setelah "Facebook" nyambung "Israel/Gaza"

    --StackException--

    BalasHapus
  2. Apakabar mulai ditulis tanggal 3 Januari, namun tidak diselesaikan pada hari yang sama...
    Rupanya, FB tetap mengurut berdasarkan tanggal 3 Januari...

    BalasHapus